Sanitasi Care

Sanitasi air dalam hal ini adalah sanitasi dari saluran air limbah/air kotor dari kamar mandi, cucian piring, washtafel, dan wc, dan lain sebagainya. Sanitasi air limbah tak kalah pentingnya dengan faktor kebutuhan rumah tangga pada umumnya. Sanitasi air yang lancar dan aman merupakan harapan setiap orang. Dimana kebutuhan mandi,mencuci dan kebutuhan lainnya akan berjalan lancar dan baik. Untuk hal itu diperlukan perhatian dan perawatan, agar masalah saluran mampet bisa di hindari dan diminimalisir, Ibarat pepatah "MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI". 

Sanitasi air yang kurang perhatian dan perawatan menyebabkan rentan mampet. Resiko yang harus di hadapi biasanya adalah gangguan psikis dari penghuni rumah itu sendiri maupun orang lain, baik dari segi bauk atau pemenuhan kebutuhan yang berhubungan langsung dengan air menjadi terganggu.

Faktor teknis atau non teknis adalah beberapa penyebab terjadinya saluran mampet yg sering kami temukan dilapangan. Faktor non teknis biasanya dikarenakan dengan banyaknya pemakaian atau kecerobohan yang tidak memperhatikan masalah yang akan timbul dikemudian hari. Hal ini bisa dicontohkan seperti membuang sampah melalui sanitasi air menyebabkan awal sumbatan pada pipa pembuangan. Sehingga dengan kondisi seperti itu akan menjadikan kotoran sulit mengalir sehingga akan ikut menyumbat. Parah tidaknya faktor ini akan menentukan solusi kedepannya agar sanitasi air kembali lancar.

Faktor teknis biasanya bersumber pada beberapa hal yakni pipa saluran pembuangan dan septic tank/sumur resapan. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari sumber permasalahannya pada kedua komponen ini. Bila saluran pembuangan Anda mampet, cek kondisi septictank/resapan air. Bila isi septictank/resapan penuh melebihi level lubang pembuangan, mungkin itu penyebabnya. Dan Bila septictank/resapan masih kosong kemungkinan masalah ada pada pipa pembungan. Akan tetapi tidak semua limbah rumah tangga pembuangan akhir menuju resapan air, bisa jadi ke selokan umum (asenering).


Sanitasi dari kamar mandi, cucian piring, washtafel, WC merupakan bagian penting yang perlu perawatan, namun keberadaannya seringkali terabaikan. Hindari hal-hal yang bisa memicu terjadinya mampet dan tersumbat terulang kembali. 

Tip dari kami agar sanitasi air limbah tetap aman dan nyaman:

  •  Pasang tempat sampah di setiap kamar mandi
  •  Hindari melepas filter saluran pembuangan
  •  Hindari membuang sampah plastik,pembalut,tisu dll, lewat saluran WC/  pembuangan
  •  Siram sampai bersih setelah buang air besar


Tak kalah penting juga, pemasangan pipa saluran, pembuatan septictank/sumur resapan dan penggunaan material harus memenuhi teknik dan standar kualitas. Pemasangan dan pemilihan material yang kurang tepat akan menyebabkan saluran rentan mampet. Semoga bermanfaat..



Sedot WC Jogja
phone: 0851 0187 7711